http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI (JAMBI28 TV) — Kebakaran hebat melanda Hotel Novita. Hotel mewah yang terletak di jantung Kota Jambi ini kini hanya tinggal nama. Petugas damkar masih terus berupaya memadamkan api dengan menyusuri setiap sudut gedung hotel. Namun tahukah anda ada 5 Fakta mencengangkan sebelum terjadinya kebakaran hebat yang terjadi Senin 9 April 2018 kemarin.

Berikut kami rangkum untuk anda:

1. Novita Hotel sebelumnya bernama Novotel

Pada tahun 1996, tepatnya tanggal 29 September, PT TIRTA MAS JAYA mendirikan sebuah Hotel Berbintang 4 di atas tanah seluas 70 X 100 M2. Dengan menggandeng Chain Hotel ACCOR International sebagai salah satu leading Business Hotel Management, berdirilah Novotel Jambi, yang menjadi land mark dan leading Hotel di kota Jambi.

Setelah 14 tahun bergabung dengan Accor Group, banyak belajar dan matang dalam pengelolaan hotel management, maka secara resmi pada tanggal 30 May 2010 mereka melepaskan diri dari Accor Group Management.  Novotel Jambi berganti nama menjadi Hotel Novita.

2. Tempat Menginap Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Hotel Novita termasuk salah satu hotel tua di Kota Jambi. Hotel bintang 4 itu awalnya bernama Novotel dan resmi berdiri pada 29 September 1996 dan merupakan yang termewah sekaligus terbesar di Jambi.

Maka tak salah, setiap pejabat tinggi negara yang berkunjung ke Jambi menginap di hotel tersebut. Salah satunya adalah saat Presiden SBY saat masih menjabat.

3. Lokasi Kasus Penistaan Agama (Lafaz Allah Pada Ornamen Natal)

Hotel Novita pernah menjadi lokasi kasusu penistaan agama Islam dengan ditemukannya ornamen Natal yang bertuliskan lafaz Allah. Hebohnya lagi, lafaz Allah ditulis di lantai atau di bingkai telapak kaki dalam hiasan batu kerikil putih.

Sontak saja temuan tersebut menjadi heboh di dunia maya. Tak ayal, Hotel Novita dipenuhi warga, polisi, TNI, termasuk ormas FPI Jambi. Alhasil pihak kepolisian menangkap oknum karyawan hotel yang menjadi pelaku berinisial RZ menjadi tersangka.

4. Pernah Jadi Lokasi Penjara Belanda

Ada catatan sejarah menarik, jauh sebelum bangunan hotel itu berdiri. Tidak banyak memang yang mengetahuinya. Menurut informasi, Pada tahun 1930 Pemerintah Belanda pernah membangun gedung strafgevangenis atau bangunan penjara untuk menghukum para pencuri, perampok dan pedagang karet ilegal pada masa itu.

5. Sistem Keamanan Tak Berfungsi

System keamanan Hotel Novita Jambi tak berfungsi sebelum kebakaran hebat kemarin, Ibnu Kholdun, Ketua YLKI Jambi mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di Hotel Novita diduga akibat kelalaian pihak hotel.

Hal ini dapat dilihat dari alarm kebakaran yang tidak berfungsi. Setiap hotel seharusnya memiliki sistem keselamatan masing-masing. Namun jangan sampai dengan matinya sistem tersebut mengancam keselamatan orang lain.

Itu dia 5 fakta tentang Hotel Novita, hingga saat ini Petugas Damnkar Kota Jambi masih stanbye dilokasi sampai api benar-benar dipastikan padam.

Tim Redaksi

[email protected]

NEWS © SR28 GROUP 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!