http://www.sr28jambinews.com/

KOTAJAMBI(JAMBI28 TV) - Pasca lebaran Idul Fitri 1438 tahun 2017, Puskesmas Putri Ayu di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Broni Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi mengalami peningkatan jumlah pasien yang cukup signifikan.

Sejak pagi hari, Puskesmas sudah dibanjiri pasien baik anak-anak maupun orang dewasa. Rata-rata pasien yang berobat mengeluhkan sakit batuk pilek dan darah tinggi.

Dari data pihak Puskesmas Putri Ayu, jika dihari biasa mereka hanya menerima pasien sebanyak 100 hingga 150 orang, baik pasien anak-anak maupun dewasa. Saat ini mereka menrima 200 hingga 250 pasien, atau meningkat 100 persen.

Banyak pasien mengeluhkan sakit saluran pernafasan seperti batuk pilek, mual, serta diare.

“Jadi setelah pasca lebaran kunjungan meningkat ya, kalau sehari bisa 100 sampai 150 tapi kalau sekarang 200 sampai 250 orang sehari, baik anak-anak maupun lansia, kalau anak-anak belum ada lonjakan penyakit tertentu tapi yang meningkat diare dan ISPA” ujar dr. Emil, Kepala Puskesmas Putri Ayu.

Selain penyakit yang disebabkan pola konsumsi saat lebaran, banyak pasien juga terkena penyakit yang disebabkan karena adanya perubahan cuaca, seperti gatal-gatal dan lemas.

Untuk itu, masyarakat harus menjaga pola konsumsi dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih dan vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan tak lupa istirahat yang cukup.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!