http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI28 TV – Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S. TP, MA berharap agar kerjasama denganUnited Nations Development Programme (UNDP), organ Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk program pembangunan, dapat segera diimplementasikan. Harapan tersebut dikemukakan oleh Zola dalam Penandatanganan Surat Pernyataan Kehendak (Letter of Intent/LoI)  antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan UNDP tentang Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Launching Kegiatan Pembangunan PLTMH di Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (11/9) sore.

Penandatanganan LoI ini merupakan tindak lanjut dari penandatangaan Mou yang sudah dilakukukan beberapa waktu yang lalu.

Zola menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDG’s)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi pembangunan Jambi TUNTAS 2021, yang dituangkan dalam dalam berbagai program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh beberapa OPD terkait. Dan, lanjut Zola, tujuan pembangunan Jambi TUNTAS 2021 paralel dengan beberapa tujuan Pembangunan Berkelanjutan, seperti pengentasan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas, peningkatan akses terhadap air bersih dan sanitasi yang layak, pengurangan kesenjangan, kesetaraan gender, hingga penanganan perubahan iklim.

“Secara bertahap, Pemerintah Provinsi Jambi telah meningkatkan kinerja pelaksanaan beberapa indikator pembangunan berkelanjutan tersebut. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa dengan keterbatsan-keterbatasan yang dimiliki, upaya mencapai target pembangunan akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dan bantuan dari pihak-pihak lain,” ujar Zola.

Zola menyatakan, penandatanganan LoI tersebut merupakan langkah awal untuk merealisasikan kerjasama kedua pihak, terkait implementasi Tujuan Prmbangunan Berkelanjutan di Provinsi Jambi.

“Proses kerjasama Pemerintah Provinsi Jambi dengan UNDP sudah sangat intens dalam beberapa bulan terakhir. Namun, sesuai dengan aturan yang berlaku, maka kerjasama ini harus melewati prosedur tertentu, dimana saat ini, kita lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI). Saya berharap LoI ini dapat segera dilanjutkan ketahap perjanjian kerjasama yang lebih teknis dan operasional antara OPD terkait Pemerintah Provinsi Jambi dengan divisi-divisi yang ada di UNDP,” jelas Zola.

Zola mengungkapkan optimismenya, bahwa dengan berbagai pengalaman UNDP di berbagai negara, sangat membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam mengimplementasikan berbagai program dan kegiatan yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam peningkatan kapasitas, alih teknologi dan keahlian, hingga pembiayaan pembangunan, dengan skema-skema tertentu yang tentunya saling menguntungkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!