http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI28.TV – Estetika pakaian adat yang ada disetiap daerah di Indonesia tak perlu diragukan lagi. Mulai dari Aceh hingga Papua memiliki pakaian yang berestetika tinggi sesuai filosofisnya masing-masing.

Di Provinsi Jambi, Batik menjadi andalan ciri khas dari masing-masing Kabupaten/Kota.  Hal tersebut dapat dilihat dari variatifnya motif batik yang digunakan untuk Pakaian Pengantin, Pakaian Adat, Pakaian sehari-hari, pakaian yang sudah menikah dan yang belum menikah.

Salah satu ajang yang memamerkan berbagai Batik khas dari setiap Kabupaten adalah saat Pembukaan Rakorda Dekranasda tingkat Provinsi Jambi. Acara tersebut digelar pada 16 November 2018. Tampak masing-nasing Kabupaten memamerkan Batik yang diperagakan oleh model Pasangan Pengantin.

Vinto, salah satu Desainer pakaian pengantin Kabupaten Bungo menyebut bahwa saat ini dia tengah terus mencari potensi-potensi masing-masing daerah untuk dikembangkan.

Selain pakaian adat pengantin bermotif batik,  pada Pembukaan Dekranasda juga turut dipamerkan seni kriya masing-masing daerah.

Reporter: Muhammad Sidik

Editor: Agus Solihin Abar

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!