http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI28TV – China meluncurkan modul inti stasiun ruang angkasa sepanjang 18 meter yang dinamai Tianhe. Peluncuran Kamis (29/4) itu, menandai dimulainya proyek konstruksi orbital yang ditargetkan rampung pada 2022.

China meluncurkan modul pertama Tianhe (harmoni surgawi) sebagai bagian inti dari stasiun luar angkasa yang dinamakan Tianqong atau terjemahannya “Istana Surga”.  China berupaya meningkatkan status global dan menunjukkan kemampuan teknologinya mengikuti jejak Amerika Serikat, Rusia, dan Eropa. China mengucurkan dana miliaran dolar untuk program bergengsi penjelajahan luar angkasa.

Peluncuran bagian pertama stasiun luar angkasa Cina (CSS) mencakup modul inti sepanjang 18 meter yang disebut Tianhe, yang terdiri dari pusat kendali stasiun dan peralatan pendukung kehidupan.

Tianhe diluncurkan dari stasiun antariksa Wenchang di provinsi Hainan, menggunakan roket Long-March 5B pada Kamis (29/4). Presiden Cina Xi Jinping mengapresiasi pembangunan stasiun luar angkasa sebagai langkah penting dalam “mewujudkan bangsa sains dan teknologi yang hebat.” Proyek konstruksi orbital itu diharapkan rampung pada 2022.