http://www.sr28jambinews.com/

Dalam permainan sepak bola sebenarnya ada banyak teknik yang bisa digunakan, namun yang terpenting adalah menguasai teknik dasar formasi sepak bola. Dengan menguasai teknik dasa permainan ini, maka Anda akan lebih mudah meraih kemenangan dalam sepak bola.

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang paling populer di dunia, terutama di Indonesia. Kemudian untuk Anda yang ingin mempelajari teknik bermain yang baik dan benar dalam sepak bola, maka Anda bisa menyimak pembahasan berikut.

Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

Setiap permainan pastinya memiliki cara atau teknik permainan yang berbeda-beda. Terutama dalam olahraga sepak bola, untuk bisa bermain dan mencetak angka dalam permainan ini Anda harus menguasai beberapa teknik dasar sepak bola, diantaranya yaitu:

1. Teknik Menggiring Bola

Salah satu teknik terpenting dalam sepak bola adalah menggiring bola, setiap pemain harus bisa menggiring dan mengontrol gerakan bola dengan baik dan benar. Paling tidak Anda bisa menguasai 2 teknik dribbling untuk menggiring bola.

Dalam teknik dribbling ini dibagi menjadi 2 yaitu closed dribbling dan speed dribbling. Speed dribbling merupakan teknik pemain untuk menendang bola ke arah depan dan mengejarnya dengan cepat.

Sedangkan untuk closed dribbling ini adalah teknik menggiring bola secara penuh ketika bola dalam posisi aman dari lawan. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan 2 sisi kaki, yaitu  kaki bagian dalam dan punggung kaki untuk menggiring bola.

2. Teknik Mengoper Bola

Sebagai olahraga yang mengutamakan kerja sama tim, maka setiap pemain harus bisa mengoper bola kepada teman dengan baik. Operan bola saat formasi sepak bola. dilakukan dari pemain satu ke pemain yang lainnya.

Mengoper kepada teman satu tim ini dilakukan untuk menghindari serangan dari lawan dan upaya untuk menghancurkan pertahanan lawan. Supaya bola yang dioper kepada pemain lain tepat, maka Anda harus memperbanyak latihan mengoper bola hingga menjadi lebih baik.

Saat mengoper bola, posisi pemain harus tepat dan selalu fokus dengan pemain yang akan menerima operan bola. Untuk menendang bola operan ini Anda bisa menggunakan 3 bagian kaki, yaitu kaki bagian luar, kaki bagian dalam, dan punggung kaki.

3. Teknik Menendang Bola

Teknik bermain sepak bola berikutnya adalah teknik menendang bola. Untuk bisa mencetak angka di gawang lawan, maka Anda harus bisa menendang dengan kuat dan akurat. Kedua aspek ini sangat penting untuk Anda perhatikan saat melakukan tendangan.

Untuk menghasilkan tendangan yang kuat Anda bisa mengambil ancang-ancang sebelum melakukan tendangan. Kemudian gunakan salah satu kaki sebagai tumpuan ketika melakukan shooting atau tendangan yang keras, serta perhitungkan akurasi tendangan ke gawang lawan.

4. Teknik Mengontrol Bola

Teknik dalam sepak bola berikutnya adalah teknik untuk mengontrol bola. Setiap pemain wajib menguasai teknik trapping atau mengontrol bola dengan baik, terutama saat menerima bola. Untuk mengontrol bola pemain bisa menggunakan telapak kaki atau kaki bagian dalam.

5. Teknik Menyundul Bola

Selain beberapa teknik di atas, Anda juga harus menguasai teknik menyundul bola. Teknik ini digunakan untuk mengontrol bola atas, mengumpan kepada rekan, atau melakukan serangan ke gawang lawan.

Untuk melakukan teknik ini, Anda bisa menggunakan kepala bagian depan atau dahi, sehingga bola lebih mudah diarahkan dan juga bertenaga. Apabila Anda sering melatih teknik menyundul bola, maka sundulan Anda akan lebih akurat dan bertenaga.

Permainan sepak bola memang sangat populer di masyarakat dan menjadi tontonan yang menarik sebagai hiburan. Bagi Anda yang tertarik untuk formasi sepak bola., maka Anda wajib mempelajari beberapa teknik dasar sepak bola.