http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI28.COM, JAMBI – Pemerintah Provinsi Jambi meminta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi dan TPID di kabupaten dan kota untuk menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga pangan di daerah itu menjelang Ramadhan 1443 hijriah.

“Ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga harus dijaga, saya minta TPID kabupaten dan kota se Provinsi Jambi juga menjaga kondisi bahan pokok, kondisi saat ini untuk kesediaan minyak sayur di Jambi sebagai salah satu bahan pokok masih bisa terkendali setelah semua bersama bahu-membahu dengan Forkopimda menjaga ketersediaan minyak goreng,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, Senin (14/3/2022).

Sudirman menjelaskan TPID Provinsi memiliki tugas melakukan pengumpulan data dan informasi terkait perkembangan harga barang kebutuhan pokok pada tingkat Provinsi dan menyusun kebijakan pengendalian inflasi pada tingkat Provinsi dengan memperhatikan kebijakan pengendalian inflasi nasional. Kemudian melakukan upaya untuk memperkuat sistem logistik pada tingkat Provinsi.

Serta melakukan koordinasi dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan TPID kabupaten dan kota dan melakukan langkah-langkah lainnya dalam rangka penyelesaian hambatan dan permasalahan pengendalian inflasi pada tingkat Provinsi.

Untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan tersebut Pemerintah Provinsi Jambi bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi melaksanakan rapat koordinasi TPID se Provinsi Jambi di Swissbell Hotel Jambi pada Senin (14/3). Rapat koordinasi tersebut juga bertujuan untuk menyusun kriteria evaluasi kinerja TPID tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita mengharapkan menjelang Ramadhan tahun 2022 ini semua masih dalam kondisi lancar dan harga masih terkendali, serta nantinya TPID harus melakukan sidak pasar untuk memantau harga barang dan mengendalikan harga terkait kebutuhan pokok,” kata Sudirman.

Selain itu Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, unsur Forkopimda, Instansi Vertikal serta semua pemangku kepentingan di daerah itu diharapkan dapat melakukan sinkronisasi kebijakan pengendalian untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan pemerintah, serta melakukan pertemuan rutin dalam melaksanakan monitoring program TPID Provinsi Jambi. (Agus/Sidik)