http://www.sr28jambinews.com/

JAMBI28TV – Tahun 2020 menjadi tahun yang berbeda bagi para Jemaah haji. Tahun ini para Jemaah melaksanaan ibadah haji di tengah pandemi virus corona.

Arab Saudi yang biasanya menerima Jemaah hingga lebih dari 2 juta Jemaah, tahun ini yang menerima 1000 jemaah. Itupun Jemaah dari warga Negara Arab Saudi sendiri dan ekspatriat dari berbagai negara yang tinggal di Arab Saudi. Hal ini merupakan upaya dari pemerintah Arab Saudi agar tidak terjadi lonjakan besar penyebaran virus corona.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini telah dimulai sejak Rabu lalu (29/7/2020). Dimulainya ibadah haji ditandai dengan berkumpulnya para Jemaah di Bukit Mina untuk melaksanakan ibadah tarawiyah. Para Jemaah akan menjalani rangakaian ibadah haji hingga 3 Agustus 2020.

Indonesia sendiri telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan calon Jemaah haji yang berjumlah 203.320 Jemaah haji regular dan 17.630 Jemaah haji khusus jauh  sebelum Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pembatasan Jemaah di Arab Saudi.

Keputusan pembatalan keberangkatan calon Jemaah haji ini dituangkan melalui Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020.